Selenggarakan Pemutaran

Panduan Pemutaran

Bagi kalian yang ingin melakukan pemutaran secara mandiri, berikut panduan/informasi yang kalian bisa siapkan agar acara bisa berlangsung dengan optimal:

Menentukan target penonton akan memudahkanmu dalam menyesuaikan topik diskusi yang akan dibahas setelah penayangan Pulau Plastik. Kalian bisa menjangkau komunitas seperti pemuda/i desa, pelajar, perusahaan swasta, atau lainnya. Jangan lupa untuk memastikan tempat dan waktu yang ideal, karena akan berpengaruh besar pada kenyamanan saat menonton film Pulau Plastik.

Pertimbangkan juga waktu pemutaran, jika pemutaran film diadakan pada siang hari, sebaiknya dilakukan di dalam ruangan (indoor) untuk menghindari masuknya cahaya. Namun, apabila kalian memilih melakukannya di luar ruangan (outdoor), sebaiknya dilakukan saat malam hari. Film Pulau Plastik berdurasi kurang lebih 25 menit. Oleh karena itu, sebaiknya anjurkan penonton untuk datang 15 menit sebelum film dimulai.

Untuk menarik perhatian dan mengajak massa untuk datang ke acara pemutaran film Pulau Plastik, tim Pulau Plastik akan menyediakan dukungan promosi acara seperti poster template dan bantuan publikasi lewat akun social media Pulau Plastik. Penyebaran undangan atau posting melalui social media sebaiknya dilakukan paling tidak 1-1,5 minggu sebelumnya. Sertakan juga anjuran untuk membawa botol minum mereka sendiri dan pastikan tidak menyajikan makanan kecil yang dibungkus plastik sekali pakai.

Menjelang acara pemutaran diselenggarakan, pastikan semua peralatan untuk pemutaran film sudah lengkap dan siap untuk digunakan. Detail alat-alat pemutaran yang dianjurkan dapat dilihat disini (link). Jangan lupa menyediakan galon/dispenser agar penonton dapat mengisi ulang botol minum mereka.

Setelah pemutaran film berakhir, kamu bisa buka sesi diskusi seputar film dan topik sampah plastik. Dengan bantuan seorang moderator, kalian bisa turut mengundang figur publik, seperti: aktifis lingkungan, dosen, atau representatif dari organisasi peduli sampah sebagai pembicara. Contoh pertanyaan-pertanyaan yang bisa jadi paduan bisa kamu dapatkan disini.

Selamat menonton dan mari cegah bumi menjadi Pulau Plastik!