The film: A Journey and A Note for the Future

AVAILABLE SOON IN BIOSKOP ONLINE

Arrow

Indonesia has reached a plastic pollution state of emergency. Single-use plastic waste is breaking down into micro-plastics, entering the ocean, harming marine life and ending up on our plates. We need to take action now!

Join Gede Robi, Tiza Mafira, and Prigi Arisandi on their journey to capture the facts about single-use plastic pollution across Indonesia.

Learn More

This film has been adapted by Visinema Pictures, based on the popular Pulau Plastik series by Akarumput & Kopernik.

Instagram Live Posts
Kalian pasti udah gak asing lagi kan dengan challenge Welcome to Indonesia? 

Pawai Bebas Plastik 2021 juga punya versi #YukMintaOpsi lho! Ayo ikutan secara individu atau kelompok. Caranya? 

1. Download audio di bit.ly/pbp2021 -> Welcome to Indonesia Challenge dan buat video sekeren sekreatif mungkin. (boleh lipsync, nyanyi sendiri, masukin gambar/video, dll)
2. Jangan lupa sertakan hashtag #YukMintaOpsi #KonsumenBijak #BisaTanpaPlastik 
3. Pastikan akun kamu publik, karena 3 video terbaik akan mendapatkan hadiah menarik!
4. Deadline ikut challenge: Jumat, 30 Juli 2021 jam 23.59 WIB

Selain itu di bit.ly/pbp2021 kamu bisa menemukan cara lain untuk mendukung Pawai Bebas Plastik 2021 dengan menandatangani petisi, menyebarkan surat terbuka, dan mengikuti kampanye sosial media sebagai aktivis.

Yuk bergabung dalam #PawaiBebasPlastik2021
Apa dampak PERGUB Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang pembatasan timbulan sampah plastik sekali pakai di Bali? Tahun lalu, teman-teman dari @aliansizerowaste.id, @pplh_bali, @iddkp, @fokusnexus3 dan Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup Provinsi Bali melakukan riset monitoring evaluasi PERGUB tersebut.

Hasil riset menunjukan adanya pengurangan jumlah penggunaan knatong plastik sekali pakai. Hal ini menjadi bukti bahwa setiap aktor memiliki peran penting dalam mengatasi isu sampah plastik sekali pakai di Indonesia. Yuk kita jalankan peran kita masing-masing, dan bersama-sama saling mendukung aksi pengurangan timbulan sampah plastik sekali pakai.

#pulauplastik #balibukanpulauplastik #plastifreejuly #julibebasplastik #pergubbali972018 #PelaranganPlastikSekaliPakai #stopsingleuseplastic #PembatasanPlastikSekaliPakai
Bersama lebih dari 100 publik figur, inisiator dan kolaborator Pawai Bebas Plastik 2021 melayangkan surat terbuka ini kepada @tokopedia @liamtanu @shopee_id  @bukalapak @achmadzaky @lazada_id @bliblidotcom @zaloraid @gojekindonesia kaluwi @asoelistyo & pelaku bisnis e-commerce & delivery di Indonesia untuk mendukung konsumen yang meminta opsi kemasan minim plastik sekali pakai.

Kami menyampaikan apresiasi yang mendalam atas kontribusi para pelaku e-commerce & jasa layanan antar makanan dan minuman di Indonesia, yang telah mempermudah masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya dimasa pandemi, sekaligus turut menjaga perputaran roda ekonomi. Namun demikian, di balik manfaat tersebut, sampah plastik dari belanja online meningkat sebesar 96% selama masa pandemi Covid-19. Menurut studi LIPI tahun 2020, pada periode penerapan PSBB, terjadi peningkatan transaksi sebesar 62% pada sektor marketplace dan 47% pada sektor jasa antar makanan. Bahkan, kemasan plastik yang digunakan untuk pengiriman (termasuk bubble wrap, foam polistirena, selotip plastik, raffia plastik/kantong plastik) melebihi plastik kemasan produk itu sendiri. Padahal pencemaran lingkungan akibat sampah plastik di Indonesia sudah mencapai taraf mengkhawatirkan, karena tidak hanya berdampak pada lingkungan semata tetapi juga berdampak pada kesehatan manusia.

Oleh karena itu, kami mendesak seluruh CEO terkait untuk mengambil tindakan-tindakan sebagai berikut:
1. Memberikan opsi kepada konsumen untuk memilih (a) kemasan minim plastik sekali pakai, dan/atau (b) ekspedisi ramah lingkungan, sehingga konsumen diberi kesempatan untuk bisa meminimalisasi dampak lingkungan dari belanja online.
2.Memberikan pelatihan kepada mitra merchant, mitra driver, dan mitra kurir.

Kami juga mengajak publik untuk membaca dan mendukung surat ini melalui bit.ly/pbp2021

#YukMintaOpsi #KonsumenBijak #BisaTanpaPlastik
Masih ada kesempatan sampai tanggal 27 Juli 2021 untuk ikutan challenge #AkuTanpaPlastik!

Dalam rangka #PlasticFreeJuly, yuk bersama-sama kita menjadi bagian dari solusi dalam mengurangi timbulan sampah plastik sekali pakai yang telah membahayakan bumi dan kehidupan di dalamnya.

Bagikan cerita kalian dan ajak teman kalian untuk turut mengambil bagian dalam mengurangi penggunaan plastik sekali pakai. Yuk suarakan aksimu melalui #AkuTanpaPlastik, agar ajakan tolak sekali pakai tersebar luas ke seluruh Indonesia!

10 pemenang akan dipilih secara acak pada akhir bulan Juli dan akan mendapat merchandise yang bisa kalian pilih dari @kopernik.info, @pulauplastik dan @perfectfit_id.
Merchandise yang tersedia adalah:
(1) tote bag Kopernik 
(2) tumbler Pulau Plastik 
(3) pembalut kain pakai ulang Perfect Fit.

Jangan lupa tg teman kalian untuk ikutan juga ya! Yuk ikutan #AkuTanpaPlastik sekarang dan menjadi bagian dari solusi!

#AkuTanpaPlastik #PulauPlastik #TolakSekaliPakai #PlastikFreeJuly #BebasPlastik #JuliBebasPlastik
Mari bergabung dalam PAWAI BEBAS PLASTIK 2021!

Tepat tiga tahun yang lalu, ratusan orang bergabung dalam #PawaiBebasPlastik terbesar di Indonesia untuk medukung aksi #TolakSekaliPakai. Pandemi tidak menghentikan semangat kami, pada tahun 2020, kami melakukan #PawaiBebasPlastik secara online. Kami berbagi cerita, wawasan dan tips dalam mengatasi isu sampah plastik sekali pakai yang telah mengancam bumi dan kehidupan di dalamnya.

Tahun ini, #PawaiBebasPlastik2021 kembali mengajak kalian semua untuk bergabung dalam aksi "#YukMintaOpsi Belanja Online Non-Plastik Sekali Pakai"

Mengingat di masa pandemi ini aktivitas belanja online meningkat, sampah plastik pun turut meningkat. Apa yang bisa kita lakukan? Salah satunya adalah #YukMintaOpsi kemasan non-plastik sekali pakai dalam layanan aplikasi e-commerce di Indonesia. Mari menjadi #KonsumenMasaKini yang #BisaTanpaPlastik! Mari bergabung dan simak terus informasi dari kami ya!

@indorelawan @iddkp @diverscleanaction @greenpeaceid @pulauplastik @econusa.id
Sebagai aktivis sekaligus pengacara muda, sosok Tiza Mafira @tzmfr menjadi inspirasi bagi beragam gerakan komunitas dalam mengkampanyekan solusi untuk mencegah timbulan sampah plastik. Mari memulai aksi kecil dari rumah untuk mencegah dampak plastik sekali pakai semakin meningkat.
Support Pulau Plastik